Jumat, 22 Juni 2012

Percaya Diri ?

   Rasa percaya diri atau PD merupakan sesuatu yang penting untuk kita agar bisa bersosialisasi dengan orang lain secara baik. Namun rasa percaya diri juga harus ditekan agar tidak berlebihan. Terkadang orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi memang sudah dididik oleh orang tuanya agar tidak merasa minder. Biasanya didikan yang mereka berikan tidak terlalu mengekang sehingga anak bisa mengekspresikan yang mereka inginkan dan membuatnya merasa percaya diri.
   Namun, disisi lain ada bahkan banyak orang yang merasa minder terhadap kemampuan yang ada pada dirinya. Sebaiknya hal itu segera diperbaiki dengan menguatkan rasa percaya diri mereka karena beberapa orang yang berhasil merupakan orang-orang yang percaya akan kemampuan atau bakat yang ada pada dirinya.
   Tidak ada kata terlambat untuk memperkuat rasa percaya diri. Kita bisa memulainya dengan melakukan hal-hal yang kecil. Misalnya, pertama, jika kita sedang berada dalam suatu perkumpulan yang baru contohnya di sekolah, di tempat kerja, di kereta, di bus, atau bahkan di suatu pengajian cobalah untuk berkenalan dengan orang baru yang ada di samping Anda. Hal itu akan menambah daftar teman Anda dan Anda akan memiliki wawasan yang lebih luas dari teman baru Anda itu setelah bercakap-cakap. Kedua, ambillah kesempatan yang terbuka untuk Anda. Maksudnya, apabila Anda ditunjuk untuk mengikuti suatu perlombaan bersedialah mengikutinya meskipun Anda tidak yakin. Namun, dengan adanya mereka memilih Anda, menunjukkan bahwa Anda mampu. Maka setelah itu Anda akan merasa lebih percaya diri dan Anda juga memiliki pengalaman tentang perlombaan itu.
   Demikian itu adalah beberapa cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun, masih banyak lagi cara lainnya. Intinya, Anda harus bertekad dan yakin terhadap kemampuan diri Anda.
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar